Semarak Agustusan dan Festival Lomba Dayung Rekreasi dalam Rangka HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia


Pacitan, Jawa Timur - Tujuh puluh sembilan tahun Indonesia merdeka. Sebuah pencapaian monumental yang diraih melalui perjuangan panjang dan pengorbanan yang tak ternilai. Hari ulang tahun kemerdekaan ini bukan hanya sekedar perayaan, melainkan juga momen untuk merenung, merefleksikan perjalanan bangsa, serta menatap masa depan dengan optimisme. KKN-PPM UGM berkolaborasi dengan pemerintah Desa Sendang menggelar acara untuk memperingati dan memeriahkan peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tajuk “Semarak Agustusan Dirangkaikan Dengan Festival Lomba Dayung Rekreasi”. Acara ini dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Ngiroboyo dan diikuti oleh seluruh warga Desa Sendang dan Kalak serta berbagai instansi yang berada di wilayah Pacitan. Kegiatan ini diwarnai dengan berbagai perlombaan dan pertunjukan seni diantaranya adalah pertandingan voli pantai, voli terpal, lomba mewarnai dan lomba dayung rekreasi. Adapun untuk pentas seni yang ditampilkan, yaitu seni Reog, senam kreasi, atraksi Jeep wisata, dan pawai kemerdekaan motor hias.Selain untuk memperingati HUT Ke-79 RI, kegiatan ini juga digunakan sebagai sarana untuk mempromosikan objek wisata Pantai Ngiroboyo.

Kegiatan Semarak Agustusan dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Ngiroboyo pada tanggal 14 - 15 Agustus 2024. Kegiatan ini melibatkan seluruh komponen masyarakat Desa Sendang dan Kalak serta instansi-instansi yang berada di kawasan Pacitan. Kegiatan berlangsung dengan baik dan mendapatkan antusiasme dari masyarakat dibuktikan dengan partisipasi masyarakat yang baik pada setiap lomba dan pertunjukan yang diadakan. Partisipasi aktif KKN-PPM UGM Morodonorojo 2024 dibuktikan dengan terlibat pada kegiatan Semarak Agustusan untuk memperingati HUT Ke-79 Republik Indonesia yang diadakan oleh pemerintah Desa Sendang. Kedua pihak bersinergi dengan baik dalam merancang, mempromosikan, dan melaksanakan kegiatan Semarak Agustusan.

Hari pertama kegiatan Semarak Agustusan dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2024 di kawasan wisata Pantai Ngiroboyo. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain,

  1. Pemeriksaan Kesehatan Gratis : Pemeriksaan kesehatan gratis meliputi pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan kolesterol. Kegiatan ini berhasil diikuti oleh kurang lebih 75 peserta.
  2. Lomba Voli Pantai antar Dusun : Lomba voli pantai diikuti oleh 8 tim sebagai perwakilan dusun-dusun yang berada di Desa Sendang. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi yang ada di Desa Sendang dan untuk mewujudkan rasa kerukunan dan kebersamaan.
  3. Lomba Voli Terpal : Lomba voli terpal diikuti oleh belasan tim ibu-ibu sebagai perwakilan dusun-dusun yang berada di Desa Sendang dan Kalak. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan potensi yang ada di Desa Sendang dan untuk mewujudkan rasa kerukunan dan kebersamaan.
  4. Berbagai Lomba khas 17-an : Lomba-lomba khas 17-an seperti pukul paku, tangkap bebek, balap karung, ulat kardus, memasukkan karet dalam botol, dan mengumpulkan karet dengan sedotan. Kegiatan-kegiatan ini berhasil menarik partisipasi masyarakat dari seluruh kalangan usia.
  5. Penampilan Kesenian Reog : Kesenian Reog Ponorogo ditampilkan oleh kelompok reog Singo Ludro dari Desa Kalak. Seni reog merupakan budaya asli dari Jawa Timur khususnya daerah Ponorogo, Pacitan, dan sekitarnya. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya lokal Indonesia.

Hari kedua kegiatan Semarak Agustusan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2024 di kawasan wisata Pantai Ngiroboyo. Kegiatan yang dilaksanakan antara lain,

  1. Pawai kemerdekaan : Pawai kemerdekaan berupa atraksi Jeep Wisata dan pawai sepeda motor hias. Pawai kemerdekaan dimulai dari Balai Desa Sendang dan berakhir di obyek wisata Pantai Ngiroboyo. Kegiatan ini dihadiri oleh ribuan warga Desa Sendang.
  2. Lomba Senam Kreasi : Lomba senam kreasi diikuti oleh 8 tim ibu-ibu PKK yang mewakili dusun-dusun di Desa Sendang, Lomba ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas dan potensi masyarakat.
  3. Lomba Mewarnai : Lomba mewarnai diikuti oleh kurang 50 anak-anak PAUD yang berada di Desa Sendang. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas anak-anak.
  4. Lomba Dayung Rekreasi : Lomba Dayung Rekreasi dilaksanakan di hilir Sungai Maron yang bertepatan dengan Pantai Ngiroboyo. Kegiatan ini diikuti oleh puluhan tim dari berbagai Pokdarwis, instansi-instansi, dan untuk masyarakat umum. Lomba ini bertujuan untuk mempromosikan wisata Pantai Ngiroboyo.

    Kegiatan Semarak Agustusan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa Sendang berkolaborasi dengan KKN-PPM UGM diharapkan dapat memberikan dampak yang nyata untuk perkembangan dan kemajuan Desa Sendang dan Kalak. Seluruh kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Ngiroboyo diharapkan dapat memberikan dampak promosi wisata yang signifikan dan dapat mengenalkan Pantai Ngiroboyo kepada khalayak ramai. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menambah rasa persatuan dan kebersamaan masyarakat Desa Sendang dan Kalak.

Belum ada Komentar untuk "Semarak Agustusan dan Festival Lomba Dayung Rekreasi dalam Rangka HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Whatsapp